Perhatian!

Tampilan Terbaik Blog, Gunakan Browser Mozilla Firefox dan yang mendukung script di blog ini

Blog ini Bersumber dari Wikipedia, Blog Lain, Website Lain dan Masih Banyak Lagi

Total My Blog

Website ini di lindungi oleh


Translate

Selasa, 22 Juli 2014

Internet Tercepat Sampai 100X Kecepatan Internet Lain

Ada beberapa negara yang mempunyai internet tercepat dan di menangkan oleh Kore Selatan sampai kecepatan 14,4 Mbps. Sebenarnya bukan kore selatan saja, negara lain pun tidak mau kalah dengan kecepatan internetnya. Saya akan memberikan apa saja internet tercepat? Berikut informasinya

Internet Super Cepat Milik Sigbritt
Pada tahun 2007 berbagai media banyak yang memuat headline tentang seorang nenek asal Karlstad, Swedia yang di rumahnya memiliki internet super cepat yaitu 40 Gbps. Nenek yang pada saat itu berusia 75 tahun itu bernama Sigbritt Löthberg.
Dengan akses internet tercepat membuat namanya masuk dalam sejarah IT sebagai pemilik koneksi internet tercepat di dunia. Siapakah nenek fenomenal ini sebenarnya?
Ternyata Sigbritt Löthberg bukanlah nenek biasa. Dia adalah ibu dari Peter Löthberg yang merupakan legenda internet Swedia. Peter Löthberg adalah ahli jaringan dan pakar internet optik yang bekerja di CISCO.
(Cisco System.Inc) merupakan perusahaan global dalam bidang jaringan dan telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat.
Dengan keahliannya Peter Löthberg bisa men set-up koneksi internet komputer ibunya hingga bisa secepat itu.
Proyek ini juga didukung penuh oleh Cisco. Dengan akses internet berkecepatan 40 Gbps atau ribuan kali lipat lebih cepat dari rata-rata koneksi internet di seluruh dunia, membuat Sigbritt Löthberg bisa melakukan apapun. Secara teknis nenek ini bisa menonton secara langsung 1500 saluran HDTV secara realtime dan tanpa gangguan, bahkan untuk mendownload FullHD DVD hanya dibutuhkan waktu 2 detik!
Uniknya nenek ini lebih sering memanfaatkan internet hanya untuk membaca surat kabar online.
“Saya ingin menunjukkan bahwa ada metode lain selain cara-cara kuno seperti kabel tembaga dan radio,
yang tidak memiliki kemampuan seperti serat optik,” kata Peter Löthberg.
Instalasi Koneksi Internet Cepat Sigbritt Löthberg
Lebih lanjut menurut Peter Löthberg, rahasia di balik koneksi internet super cepat milik ibunya adalah teknik modulasi terbaru yang memungkinkan transfer data secara langsung antara 2 router yang terpisah dengan jarak hingga 2.000 km, tanpa transponder perantara.
Cisco memberikan kontribusi terhadap proyek ini. Tetapi intinya, kata Hafsteinn Jonsson, adalah bahwa teknologi serat optik membuat koneksi kecepatan tinggi tersebut secara teknis dan secara komersial dapat diwujudkan.
“Hal yang paling sulit dilakukan dari seluruh proyek ini adalah menginstal Windows pada PC Sigbritt itu” ujar Hafsteinn Jonsson (bos jaringan Cisco). Lho kok?
# Rekor 2011
Duet Caltech dan University of Victoria telah memecahkan rekor dunia untuk kecepatan transfer nonstop antar komputer melalui jaringan antara konvensi SuperComputing 2011 di Seattle dengan University of Victoria Computer Centre, Kanada.
Berjarak 217 km dan transfer rate 186 gigabit per detik dicapai melalui link fiber optik 100 Gbps bidirectional yang terdiri dari 98 Gbps di satu arah dan 88 Gbps di arah yang lain.
# Rekor 2012
Seperti dilansir Kompas.com, pada tanggal 26 juli 2012, Google Fiber yang merupakan layanan koneksi internet berbasis jaringan fiber optik yang diprakarsai oleh raksasa internet Google diresmikan di Amerika Serikat, tepatnya di kota Kansas City (negara bagian Kansas) dan Kansas City (negara bagian Missouri).
Google Fiber menawarkan koneksi internet super cepat yaitu mencapai 1 Gbps atau 100 kali lebih kencang dari kecepatan koneksi internet maksimum yang ada di Amerika Serikat pada saat itu.
Secara teknis dengan Google Fiber, sebuah film HD bisa diunduh kurang dari 2 menit (maksimal 120 detik), padahal normalnya dibutuhkan waktu hingga 2 jam 11 menit.
Pengguna internet pun bisa melakukan streaming lebih dari satu video HD dalam waktu bersamaan.
Kemungkinan kedepannya Google Fiber akan menggabungkan layanan akses internet, telepon dan TV dalam satu sambungan.
Proyek Google Fiber pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 2010.
Belasan kota-kota di Amerika Serikat pada waktu itu mencalonkan diri agar bisa menjadi tempat pertama di mana Google Fiber akan diterapkan. Pihak Google akhirnya memilih Kansas City di Kansas dan Missouri.
Dua kota yang bernama sama ini dijadikan tempat percobaan Google untuk produk dan layanan-layanan yang didesain untuk koneksi internet super cepat.
# Rekor 2012
Akhir tahun 2012, insinyur di Caltech dan University of Victoria di Kanada telah mengalahkan rekor kecepatan internet mereka sendiri yang dicapai sebelumnya (pada tahun 2011), yaitu mencapai kecepatan transfer 339 gigabit per detik (53GB/s).
# Rekor 2013
Provider Internet Tercepat So-net
April 2013 lalu, So-net (Internet Service Provider yang merupakan anak cabang perusahaan raksasa elektronik Sony) meluncurkan layanan internet fiber optic bernama “Nuro” untuk masyarakat Tokyo, Jepang.
Untuk menyediakan layanan Nuro ini, So-net memakai jaringan Gigabit-capable Passive Optical Network (GPON) yang dimiliki Jepang yang secara teknis mampu melayani transfer data dengan kecepatan mencapai 2,488 Gbps untuk downstream.
Tahukah anda berapa biaya untuk menikmati layanan koneksi internet 2 Gbps ini? Ternyata pelanggan So-net hanya membayar 50 dollar AS per bulan. Ini tentu saja menarik, dengan kecepatan dua kali lipat dari Google Fiber yang hanya 1 Gbps, So-net mematok biaya internet yang lebih murah.
Sebagai informasi, Google Fiber menetapkan biaya 70 dollar AS per bulan.
Sebagai pesaing So-net, kelebihan Google Fiber adalah tidak dikenakan biaya instalasi jaringan, karena semua sudah ditanggung oleh Google. Berbeda dengan So-net yang mengenakan biaya instalasi jaringan sebesar 540 dollar AS yang harus dibayar di awal, seperti dilansir Tech Spot.
Biaya yang cukup mahal yang harus dikeluarkan oleh pelanggan So-net kemungkinan digunakan untuk memasang kabel fiber optic menuju rumah pengguna.
Tokyo memang tempat yang sangat cocok untuk membangun koneksi internet cepat yang berbasis fiber.
Di sana, sekitar 25 persen rumah tangga sudah memakai koneksi internet kabel serat kaca tersebut.

0 komentar:

Danger
Force
Ryder