Perhatian!

Tampilan Terbaik Blog, Gunakan Browser Mozilla Firefox dan yang mendukung script di blog ini

Blog ini Bersumber dari Wikipedia, Blog Lain, Website Lain dan Masih Banyak Lagi

Total My Blog

Website ini di lindungi oleh


Translate

Minggu, 30 Maret 2014

Robot Wall e Yang di Buatan Oleh Eric Dirgahayu


CHIP.co.id - Tahu film Wall-E? Dalam seminarnya di CHIP Fiesta, Grup Robot Indonesia memamerkan sebuah robot pemeran utama film tersebut. Robot Wall-E tersebut dibuat oleh Eric Dirgahayu. Yang unik, Eric menciptakan robot tersebut dari bahan pipa paralon. Penasaran engan cara membuatnya?
Hal pertama yang dilakukan Eric adalah mencari bahan untuk robotnya. Akhirnya dia pilih pipa paralon karena harganya murah dan mudah dibentuk. Sementara mata robot terbuat dari lampu bekas. Di dalamnya terdapat kamera cctv di sisi kanan dan webcam di sisi lain. Untuk bodi, Eric menggunakan pipa paralon yang dibentuk dengan bantuan api.
Eric berpose dengan hasil ciptaannya, robot Wall-E
"Saat membentuk pipa paralon menggunakan api jangan terlalu lama memanaskannya. Karena berisiko dapat terbakar," ujar Eric.
Pembuatan tangan pada dasarnya sama saja saat membuat sebuah papercraft. Bedanya adalah penggunaan sensor motorik agar robot dapat bergerak. Pengecatan dikerjakan secara manual, baik disemprot maupun diwarnai dengan tangan.
Tujuan Eric membuat robot ini adalah untuk menjadikannya sebagai teman kerja dan juga hiburan. Menurut Eric, biaya pembuatan robot ini tergolong murah, hanya Rp300.000.
Robot Wall-E saat didemokan oleh Eric
Kendala yang sering muncul biasanya komponen, terutama di daerah, misalnya Sukabumi. Namun, dengan bergabung di Komunitas Robot Indonesia, sang kreator dapat berbagi komponen dengan sesama anggota komunitas.

0 komentar:

Danger
Force
Ryder